Selasa, 03 Mei 2011

Perdebatan Setan dan Malaikat

Sejenak kucoba berkontemplasi memikirkan masa depan. Namun di tengah lamunanku untuk menyongsong kehidupan yang lebih baik ke depannya, ada malaikat dan setan saling berdebat membisikiku. Anggap saja aku mempunyai indera keenam yang bisa berdialog dengan kedua makhluk halus itu.

"Ya setan, sebagai makhluk ciptaan-Nya  aku juga membutuhkan saranmu, karena ku yakin kau diciptakan tidak sia-sia (Robbana ma kholakta haza batila). So, atas nama demokrasi, monggo kau berpendapat tan," pintaku kepada setan.

"Baik ndoro. Karena tugas gue untuk selalu mengusik dan menghasut manusia hingga akhir zaman, gue nyaranin U jadi politisi aja biar cepet kaya. Nggak usah punya gelar banyak-banyak, cuma modal pinter ngomong sama punya nyali buat hantem orang berduit. Apalagi partai pemerintah, kenceng tuh gan proyeknya. Karena kalo cuma jadi PNS, kelamaan berkarirnya, emang U mau jadi orang yang gajian seumur hidup? Tapi sebenernya bisa kaya juga sih klo U gesit kayak Gayus, terus pinter nyari objekan, syaratnya U kudu jadi penjilat sejati kalo jadi PNS," ujar setan sambil terkekeh-kekeh.

"Oke, tak tampung dulu, sekarang malaikat, apa saranmu?"

"Gini mas, sebenarnya mau jadi apa aja boleh, niatkan kerja kita itu semata-mata hanya untuk beribadah, innamal a'malu binniyat (segala sesuatunya tergantung pada niatnya). Saran saya, mas jangan pernah berfikir materi an sich, jangan selalu melihat ke atas! Orang punya mobil mewah, kita juga pengen, mangkanya rasul pernah berpesan, lihatlah selalu ke bawah (masyarakat kurang mampu-red), agar kita pandai bersyukur," saran malaikat.

"Dasar katro saran U mal (malaikat maksudnya), pantesan umat Islam terbelakang, banyak yang kere, lha wong disuruh selalu pasrah sama takdir. Gara-gara doktrin takdir di rukun iman, umat Islam jadi malas-malas. Dengan dalih, rejeki sudah ada yang ngatur, rejeki nggak kemana, capeek deeh!" cetus setan sambil menepok jidatnya yang bertanduk.

"Innallaha Laa Yughayyiru maa bii qoumin hattaa yughayyiru ma bi anfusihim, Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sampai dia merubah nasibnya sendiri. Jangan dengarkan setan laknat itu mas, intinya kamu nyari kerjaan yang halal, jangan sampai kerjaan itu menjauhkan kita dari Allah," harap malaikat.

"Hadooh, puyeng neh, sama-sama bagus sarannya. Di satu sisi aku butuh dunia, disisi lain aku bakalan abadi di akhirat. So, sebagai makhluk paling sempurna, aku memutuskan untuk menggunakan saran kalian berdua. Ogut pernah denger hadist: I'mal lidduniaka kaannaka ta'isu abadan wa'mal liakhirotika kaannaka tamuutu godan. Kejar duniamu seakan-akan hidup selamanya, dan kejar akhiratmu seakan-akan mati besok," ucapku.

"Bagus gan, nice info! Sudah benar itu, kalo bisa jangan dengerin tuh malaikat, kerjaannya cuma taklid buta aja patuh ma Tuhan," kata setan ngeledek malaikat.

"Astaghfirullah, dasar kau manusia, ternyata kau lebih setan daripada setan!! Dan kau setan jangan sirik yee kalo diusir dari surga dan sekarang ane yang abadi di surga dan dijamin nggak punya dosa" seloroh malaikat kesal.

"Soalnya U udah make ilmu gue pak, U pinter ngejilat ma Bos Tuhan, dasar malaikat pendusta, tampang aja alim, ternyata kau lebih manusia daripada manusia...!!!!!" pungkas setan.

Dan akupun ngacir meninggalkan perdebatan mereka berdua, untuk ngasih lamaran kerja ke parpol yang jualan agama. Karena aku akan melaksanakan kedua saran setan dan malaikat, si setan nyuruh jadi politisi, si malaikat nyuruh jangan pernah lupa  ma Tuhan, so, biar bisa cepet kaya, aku harus jadi politisi dan tentunya partai yang jualan agama, biar nggak terjerumus lebih jauh dalam kejamnya politik....hehehe...

Wallahu'alam bisshowab.



    • Iqbal D Jonk Pengalaman pribadi mbel?
      October 24, 2010 at 6:27am

    • NurFahmi Budi Prasetyo cuma melihat realita yang ada bal
      October 24, 2010 at 6:32am

    • Iqbal D Jonk Tp ga niat msuk parpol kan ha2.. Ntar gantian didemo lw
      October 24, 2010 at 6:53am

    • NurFahmi Budi Prasetyo ga tau deh bal, ga bakat jadi politisi, hati ane terlalu lembut...hahaha
      October 24, 2010 at 7:30am ·

    • Eko Miharjah Marzoeki Dm Oh
      October 24, 2010 at 10:17am

    • NurFahmi Budi Prasetyo oh knp bang?
      October 24, 2010 at 10:56am via Facebook Mobile ·

    • Eko Miharjah Marzoeki Dm Oh, gitu yah akhirnya?
      October 24, 2010 at 12:36pm

    • Nanda Prananda Hahahaha..............kl jd msk parpol pas ad acr undang gw trus y bro :p
      Tp gw stuju bro, u hrs liat realita.sjjr'a saat ni 90% sulit menjd manusia yg bersih&g berbuat curang........
      Kl u puny wkt nti u gw knln sm Rendi wrtwn RM hal 1 dh.isyaallah u akn bs bljr dr dy tent 2 sisi khidupn(baik&buruk).gt2 tingkt keimanan dia tob loh.....

      October 24, 2010 at 6:13pm ·

    • Farhan Syuhada walaa talbisu haqqo bilbaathil.
      October 24, 2010 at 8:09pm ·

    • NurFahmi Budi Prasetyo
      ‎@all : jangan mengasumsikan apa yang saya tulis diatas itu sepenuhnya saya jalankan, 90% untuk menyindir kondisi jaman, 10% mungkin ada juga yang nyangkut di otak saya untuk dijalankan...


      ^b.eko: maksudnya nyindir partai tertentu bang
      ^Nanda...See More

      October 25, 2010 at 1:31am ·

    • Fatah H. Seedhieqz baca dl ah,,,
      October 25, 2010 at 3:11am · 

    • Bambang Trismawan
      eh, ami..
      enak banget yah kalau bisa denger setan ngomong. tapi kalau setan bisa ngomong, lo pasti bukan disusurh jadi politisi, tapi disuruh jadi wartawan.. jadi wartawan yang baik. biar miskin. baru digoda sama setan biar deketin politisi...See More

      October 25, 2010 at 2:07pm ·

    • NurFahmi Budi Prasetyo ‎*BCG: udah w bls k nmr lo, trz gnt nmr jg dnk? Kangen nh dgr ocehan lo boy. Hehe..
      October 25, 2010 at 4:34pm

    • Fatah H. Seedhieqz ouw,,,
      politisasi agama toh...
      something like.. bla bla bla..

      October 25, 2010 at 6:24pm · 

    • Farhan Syuhada hatimu yg bisa membedakan itu.
      October 26, 2010 at 9:38am · 

    • Zhoel Machiavelli hehehe..
      October 26, 2010 at 2:51pm · 

    • Khalidah Nizma Fritz Huh..jd Nizma g di tag catetan ini,Bang?
      Kudu nyoNtek sm gaLiH?
      Ckckck,,
      tega nian kau padaku,Bang..

      October 31, 2010 at 11:40pm

    • Ct Al-manis'ah setan n malaikat adalah makhluk statis....
      setan, dmn pun setan berada,,di masjid, d rumah, d kampuz,,,tetap saja jelek yg dilakukannya...
      malaikat, dmn pun malaikat berada,,d diskotik, di pelacuran, d mall, d gang-gang,,,tetap saja kebaikan yg dilakukan...
      (kata EAN, bkn kata qu)

      November 2, 2010 at 4:25pm ·

2 komentar:

  1. yg gw suka dari semua tulisan lo semenjak dulu bel adalah lo bisa bawa pembaca untuk masuk dalam tulisan lo,lo bikin kayanya tu pembaca yg ngalamin sendiri apa yg lo tulis...
    gud job bradeur!!!!

    BalasHapus
  2. Tengkiu brader, hehehe...
    Dari MTS mpe sekarang kita berteman, baru skrg lo muji w tank....patut disyukuri neh..wkakakakkk

    BalasHapus