Kamis, 05 Mei 2011

Kamus kecil HMI & Akronimnya

by NurFahmi Budi Prasetyo on Friday, February 5, 2010 at 2:47am
Sebuah tulisan sederhana kupersembahkan untuk Himpunan ini yang sedang merayakan hari lahirnya ke-63. Dikemas dengan narasi singkat disertai akronim-akronim yang menggambarkan HMI masa lalu, masa kini dan masa depan. Dengan keterbatasan pengetahuan penulis yang tidak objektif dalam menilai dan sangat subjektif dalam mendeskripsikan, namun tetap berpijak pada pengalaman empiris sepanjang menjalani kehidupan sebagai anggota HMI.

Karena HMI berbasis kepada trilogi perjuangannya, maka penulis akan mengklasifikasikan akronim-akronim HMI ke dalam trilogi perjuangan HMI, yaitu : Ke-Indonesia-an, Ke-Islam-an, dan Ke-Mahasiswa-an. Dan juga menginput akronim-akronim HMI ke dalam karakteristik dan tipe-tipe kader HMI dewasa ini, yakni : Aktivis Kader Cinta, Kader akademisi, Aktivis Kader Pergerakan dan Kader Hedonis.

Okelah kalau begitu (gayanya parto di OVJ), kita mulai dengan akronim-akronim improvisasi HMI hasil imajinasi saya dalam waktu beberapa jam, ketika bermalam jumat dengan ditemani laptop dan wifi @ tanggal 5 Februari 2010:

Ke-Indonesia-an

HMI : Harapan Masyarakat Indonesia
Panglima Besar Jenderal Sudirman dalam peringatan milad HMI I di Jogjakarta pernah menaruh harapan besar kepada HMI dan meramalkan ke depannya HMI bukan saja Himpunan Mahasiswa Islam, tapi HMI adalah Harapan Masyarakat Indonesia.

HMI : Harga Mati Indonesia
"Hubbul Wathon Minal Iman", ada kutipan hadist (entah sohih atau dhoif) yang mengatakan, "Cinta (membela) terhadap Negara adalah sebagian daripada Iman". Komitmen HMI kepada NKRI tidak usah diragukan lagi. Ketika HMI baru lahir di Jogja, sudah ada Agresi militer Belanda I dan II tahun 1947-1949, dan kader HMI bukan hanya berjuang di kampus dengan pena namun turut serta dalam perjuangan mengusir Belanda dengan senjata. Bahkan Ketum PB HMI Ahmad Tirto Sudiro ketika itu yang juga pelajar militer menjadi pemimpin bagi pelajar-pelajar dan pemuda untuk dilatih militer bersama pejuang pada waktu itu. Kemudian di Madiun, tahun 1948 ada pemberontakan dari PKI dengan misi ingin mengkomuniskan Indonesia, dan HMI-pun mengirim anggotanya ke Madiun untuk menumpas pemberontakan PKI yang bagaikan duri dalam daging. Kondisi dimana Indonesia sedang melawan penjajah Belanda yang menjajah kembali Republik ini namun di daerah lain konsentrasi perjuangan terpecah dengan adanya Madiun affairs dari PKI yang juga masih rakyat Indonesia.

HMI : Hizbuttahrir Musuh Indonesia
Hizbuttahrir Indonesia yang tidak mengakui kedaulatan NKRI dan ingin merubah sistem di Republik ini dengan khilafah yang utopis merupakan musuh bagi Indonesia. Karena HMI yang juga kader bangsa akan terus mengawal Republik ini dari virus ideologi transnasional.

HMI : Himpunan Mahasiswa Indonesia
Seringkali HMI di berita-berita baik cetak maupun elektronik disebut sebagai Himpunan Mahasiswa Indonesia. Sebenarnya sebagai kader HMI sejati, tidak menjadi masalah. Pasalnya, pendiri HMI Lafran Pane yang menurut Cak Nur adalah orang yang melampaui zamannya, karena telah berhasil mendirikan organisasi mahasiswa terbesar yang menggabungkan dua konsep kebangsaan dan keIslaman. Dimana  pada saat itu sensitifitas ideologi (terutama bagi kalangan Nasionalis dan Islam) sangat rentan dengan pluralisme ekstremnya (gesekan ideologi).

Ke-Islam-an

HMI : Harapan Masyarakat Islam
Jenderal Sudirman yang seorang pejuang relijius juga melontarkan istilah pelesetan harapan ini kepada HMI di hari Miladnya ke I di Jogjakarta. Tidak heran saat ini HMI berfungsi sebagai ummatan wasathon (umat penengah) diantara pertentangan banyak mazhab dan aliran (khilafiyah) di Islam, terutama di Indonesia yang sangat beragam ini.

HMI : Himpunan Mahasiswa Islam
Didirikan 63 tahun yang lalu, tepatnya 5 Februari 1947 atau 14 Rabiul awwal 1366 H di STI (UII) Jogjakarta, dengan tujuan : Terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di-ridho Allah SWT.

HMI : Harga Mati Islam
Sesuai dengan Pasal 3 AD/Azas HMI adalah Islam, adapun perpecahan HMI menjadi dua kubu ketika Kongres di Padang Tahun 1986 menjadi HMI Dipo dan HMI MPO (Majelis Penyelamat Organisasi), dimana HMI MPO tidak ingin azas HMI dirubah menjadi pancasila, sedangkan yang Dipo tetap ingin mengikuti instruksi dari Pemerintah (Orba-Soeharto). Perdebatan akan penerapan Azas Tunggal Pancasila saat ini sudah tidak relevan lagi, karena sudah Soeharto sudah tidak berkuasa lagi. Dan semenjak PB HMI dipimpin oleh Fakhruddin (99) yang menggantikan Anas Urbaningrum, HMI Dipo kembali berasaskan Islam.

HMI : Himpunan Mazhab Islam
Jika ingin menjadi anggota HMI, syaratnya adalah mahasiswa dan beragama Islam. Adapun mazhab yang dianut anggota tidak bisa dipaksakan atau diseragamkan. Di HMI multimazhab, ada Sunni-syiah, NU-Muhammadiyah, Persis, Tarbiyah, dan lain-lain. Semuanya lakum dienukum waliyadiin.


HMI : Himpunan Marxis Islam
Kiri Islam. Paham ini trend dipopulerkan oleh Hassan Hanafi, dan kader HMI ketika akhir tahun 70-an atau awal 80-an sedang menggandrungi akan kejayaan Revolusi di Iran. Pemikiran-pemikiran Ali Syariati, Imam Khomeini, dan Murtadha Muthohari menjadi santapan kajian diskusi ketika itu. Tidak heran alumni HMI seperti Bursah Zarnubi yang saat ini menjadi Ketum PBR (Partai Bintang Reformasi) mengusung ideologi dan platform partainya berazaskan Sosialis Religius, karena memang ketika aktif di HMI, beliau mungkin terinspirasi oleh prejuangan kiri Islam yang revolusioner dan progressif. Terlebih lagi Ali Syariati dengan pemikiran Marxisnya yang dikombinasikan dengan Islam, karena memang Marxis dan Islam beda tipis, sama-sama memperjuangkan kaum dhuafa (proletar).

Ke-Mahasiswa-an


HMI : Himpunan Mahasiswa Insyaf
Bagi mahasiswa yang nakal, brutal, badung, tidak sedikit yang setelah mengikuti training di HMI (LK 1) dan mengikuti materi NDP (Nilai-Nilai Dasar Perjuangan) HMI. Mereka banyak yang insyaf dan lebih Islami daripada yang sudah alim terlebih dahulu.

HMI : Himpunan Mahasiswa Intrik
Di HMI, nalar politik dan semangat berkompetisi (fastabikhul khairat) selalu menjadi makanan pokok kader, karena memang dari tingkatan yang paling bawah hingga elit selalu dicekoki dengan intrik, agitasi dan propaganda. Jadi tidak heran jika saat ini alumni HMI yang menjadi politisi sudah tidak terhitung lagi banyaknya.

HMI : Himpunan Mahasiswa Iblis
Sebutan ini biasa disematkan kepada kita kader HMI di kampus dari organisasi lainnya yang berseberangan pemikiran dengan HMI, bisa jadi karena HMI : Hanya Membuat Iri mereka melihat kejayaan HMI.

Kader Aktivis Cinta

HMI : Hanya Mahda Idamanku
Ini senjata paling ampuh ketika menyatakan cinta kepada sesama pacar aktivis HMI (kohati), karena memang kebetulan namanya Mahda...hehe..

HMI : Harga Mati Indri
Jargon cinta seorang sahabat penulis kepada kohati incarannya di komisariat....piiissss...^^,

HMI : Hangat Mesra Intim
Kepanjangan ini sering diucapkan oleh sejarawan HMI, Prof. Agus Salim Sitompul. Penulis punya pengalaman menarik ketika berkunjung ke kediaman beliau dengan rombongan dari HMI Korkom Unas.  Saat itu, Bang Agus Salim mengeluarkan istilah tersebut sembari bercerita kalau banyak alumni HMI yang mempunyai istri juga aktivis HMI, jadi di HMI itu sangatlah Hangat akan persaudaraannya, Mesra akan persahabatan, dan Intim dalam kekeluargaan himpunan.

HMI : Hidungmu Matamu Indah
Jurus gombal untuk Kohati (KOnsolidasi HATi nuranI)

HMI : Himpunan Mencari Istri
Mantan Wapres JK (Ketum HMI Cabang Makassar tahun 60-an) menikah dengan kohati, Mar'ie Muhammad (mantan Menteri Keuangan) istrinya juga alumni HMI, Bang Akbar konon katanya istrinya yang terpaut dua puluh tahun dengan beliau juga merupakan kohati juga, dan masih banyak lagi.


Kader Aktivis Gerakan

HMI : How Money Income
Gerakan saat ini dijamin 1000% sudah tidak ada yang murni, kalaupun ada itu 1000 banding 1, yah solusi untuk bertahan hidup para aktivis adalah PT. Proposalindo.

HMI : Himpunan Mahasiswa Independen
Tidak terikat dengan partai politik manapun, walaupun masih multi intrepretasi apa itu indpenden etis di HMI.

HMI : Hebat Membuat Intrik
Jagonya dalam vis a vis politik, KNPI pecah salah satunya ulah anak-anak HMI, setting politik nasional, di belakangnya alumni HMI yang bermain.

MPO : Mencari Perhatian Orang
HMI MPO, kalau kata Bang Agus Salim Sitompul.



Kader Akademisi

HMI : Hanya Mencari Ilmu
Ada sebuah adagium, kalau anak komisariat HMI-nya masih Hanya Mencari Ilmu, namun kalau sudah di Cabang, Badko, atau PB, HMI-nya adalah How Money Income....Fakta atau bukan?

HMI : Hadzihi Madinatul Ilmi
HMI adalah Kotanya Ilmu (Hadzihi Madinatul Ilmi), cendekiawan muslim dan tokoh-tokoh intelektual bangsa banyak lahir dari rahim HMI.

HMI : Hak Milik Ilang
Kader HMI kalau sudah melihat buku nganggur sedikit, sudah langsung menjadikan buku Ilang tersebut menjadi Hak Milik Ilang, "Buku bagaikan emas menurut kader HMI"

HMI : Haus Mencari Ilmu
Kader HMI Insan akademis selalu Haus Mencari Ilmu, dan tidak pernah absen jika ada seminar, diskusi, kajian dan penelitian.

Kader Hedonis

HMI : Hedonis Materialis Inklusif
Di HMI banyak karakter, yang paling alim ada yang paling nakal juga banyak. Sebut saja yang jadi Ustadz seperti Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Abu Bakar Ba'asyir. Atau ada juga ulama keblinger seperti Panji Gumilang yang NII itu juga merupakan alumni HMI, dan Muammar Emka (penulis buku Jakarta Under Cover) alumni HMI UIN Ciputat. Jadi, kader HMI yang zikir sambil dugem (dunia gembrot) juga tidak sedikit. Namun kelebihan anak HMI di kampus biasanya inklusif (terbuka) bisa bergaul dengan siapa saja, lawanpun seharusnya juga dirangkul.

HMI : Hiburan Malam Ini
Kira-kira apa yah Hiburan Malam Ini bagi anak HMI yang hedon, Pasar Malam (nyang ada komedi putarnya) atau poco-poco diiringi gemerlap lampu disko?

HMI : Hanya Makan Ilang
Ini tipe kader yang biasa datang ke acara seminar atau acara HMI yang di hotel, Hanya Makan Lalu Ilang ga pernah aktif lagi dikegiatan lain.

HMI : Hanya Mencari Istri
Niatnya masuk HMI hanya ingin mencari istri. Karena biasanya komisariat yang mempunyai stok kohati yang bening-bening selalu ditugasi menjadi sales penyebar brosur LK1 untuk menarik minat mahasiswa masuk HMI. Alhasil, sang kader kerjaannya hanya menyeleksi kohati-kohati yang akan dijadikannya istri kelak....hehehe...


By: Nurfa"HMI" Budi Prasetyo. Bahkan nama penulis-pun ada filosofisnya, konon kata ayahanda saya, alasan memberi nama Fahmi, menurut beliau : Fahmi-> "Fatahayyat HMI, Maka hidupkanlah HMI"


Bahagia HMI, Yakin Usaha Sampai............
Semoga RAHMI; Rukun2 Anggota HMI
Acara dies natalis HMI Cabang Subang


  • Eko Miharjah Marzoeki Dm hehehhehe.... Selamat hari lahir HMI....
    February 5, 2010 at 7:44am via Facebook Mobile ·

  • Guntur Setiawan selamat MILAD HMI JAYALAH HMI YAKUSA....
    February 5, 2010 at 8:54am

  • Ahmad Nasir Siregar Kreatif.... Bahagia HMI
    February 5, 2010 at 9:34am

  • Hendra Maujana Saragih I love HMI very much more than I can say ......... jayalah HMI......
    February 5, 2010 at 1:54pm

  • Hendra Maujana Saragih Fahmi,,,,HMI hazihi Madinatul Ilmi dari bang Hendra kan????
    February 5, 2010 at 1:54pm ·

  • Inriey Rahmah Kusuma met milad HMI..
    *jayalah selaluu :D

    February 5, 2010 at 4:13pm

  • Starla Dee Hua...keren. Slain keren 'HMI nya' jg keren imajinasi plus mempersatukn ide2 itu jd pas. Bravo n yakusa.
    February 5, 2010 at 5:01pm

  • Luqman Kareem Ada satu lagi tum...
    Himpunan Mirip Islam...
    hehe
    Met Ultah HMI...

    February 5, 2010 at 5:57pm ·

  • Luqman Kareem Yg bannya dui HMI Korkom UNas itu...
    HMI (hak miling ilang,,)
    kadang aku jadi pelakunya...klo lagi apes jadi korbannya..
    hehe

    February 5, 2010 at 6:00pm ·

  • Luqman Kareem ‎@ indri..
    ngeri bos..ada nama indri di note ini..
    HMI (harga mati Indri..)
    hehe..

    February 5, 2010 at 6:02pm

  • Achmad Rizki mantab bel, empat jempol untk ente bel....
    YAKUSA.
    BAHAGIA HMI

    February 5, 2010 at 6:42pm

  • NurFahmi Budi Prasetyo
    ‎@Kanda Eko Miharjah: Trims bang....


    @Kanda Nasir Siregar: Makasih buat komentarnya bang, Semoga HMI selalu bahagia di bawah nahkoda Ketum Arip dan Sekjend ANS....amiiinnn.


    @Bang Hendra: Sory bang istilah itu ane pinjem...hehehe...coba Abang ...See More
    February 5, 2010 at 7:25pm ·

  • NurFahmi Budi Prasetyo
    ‎@Ratu: Tengkyu tu, semoga Ratu bisa ke Paris dengan bahasa Perancis-nya...(Lho ko ga nyambung)^^,


    @Ketum Lukman: asal jgn Himpunan Mantan Islam tum...hehe...
    Hak Milik Ilang, ane juga sering menjadi korban secara terang2an (minjem ga di bali...See More
    February 5, 2010 at 7:44pm

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@PTKP Fisip nying2: jangan2 jari ente jempol semua, wkwkwkw..........thanks ki...^_^

    @Bang Rohendi, Kanda Kholis Malik, Ka Mimi, Piey (HMI'qu), Ketum Dian, Ayu, Galih, Alvi, Euis, Kang Denis : Terima Kasih banyak buat apresiasi jempolnya....^^,

    February 5, 2010 at 7:45pm

  • Denis Firmansyah
    tulisan yang bagus, tapi sebagai masukan ada beberapa hal yang perlu dikoreksi disini: 1. Harapan Masyarakat Islam itu disampaikan oleh Buya Hamka, bukan oleh Jend Sudirman. Pada peringatan 1 tahun HmI Pak Dirman hanya mengatakan HMI (H)ara...See More
    February 6, 2010 at 5:32am

  • NurFahmi Budi Prasetyo
    ‎@b.denis: sblmna thx bwt koreksi, mskn n mtvsna. mmng yg nm'na sjrh jgn di belok2an. Ju2r wkt ane mo tls Hrpn Msyrkt Islam ane ingat2 dl n brhnt agak lama, ane sbnrnya pny bk historiografi HMI, 47-93, tp wkt ane tls notes ini, ane ga ngece...See More
    February 7, 2010 at 5:07am

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@mega n sholeh: trims jempol2 imutnya
    February 7, 2010 at 5:11am
  • Achmad Rizki hak milik bukukan bikin pinter temen bell
    heheheeh.... ikhlas aja yaaaa

    February 7, 2010 at 1:57pm

  • Firda Umairoh Setuju sm bg kiky....Bg dombel kan dah pinter, jadi ikhlasin aja yaqq bukunya buat sya....
    February 7, 2010 at 2:39pm

  • - Daeng Uti orang yang pintar tak kan mudah melepaskan apa yang menjadikannya pintar.
    February 7, 2010 at 5:06pm ·

  • Fahdi Ajmalal Fikrie Aku masih kelas 5 SD, nanti kalo kulia aku juga mau jadi anggota HMI ah....biar pinter kayak mas ami.....
    February 7, 2010 at 9:19pm

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@kiki n firda: dgr th apa kata yunda daeng. @pu3: bnr bgt put, akan ku kejar k manapun u/ menagihnya kmbl. hehe..
    February 8, 2010 at 2:50pm

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@chairul sahbana: thnx ya jempolna
    February 8, 2010 at 2:52pm

  • Andi Hakim ‎@Hayooo Mencari Istri (kata Ade Sunarya)
    February 9, 2010 at 6:55am ·

  • Mohammad Rizky Bazar'ah to dombel, bukan buku aja bel, speker ilang, kasur ilang, hahaha.,, gw juga mau ikutan ah Hanya Mia Idamanku...hehe jaya terus dombel...
    February 9, 2010 at 10:49am ·

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@b.andi hakim NDP'er: hayuukk.. hehe.. @ arista: thnx jempolna. @ rizky: hehe..ente emang yg plg tau ttg ane, ada lg ki Hidup Mia Iki. ente jg sukses slalu y cuy
    February 9, 2010 at 11:09am

  • Mohammad Sukri klo ada GARUDA DI DADA KU..mungkin juga ada HIJAU HITAM Di HATIKU..
    February 9, 2010 at 8:40pm ·

  • Belia El Phrase Jd ngiri k.hehe
    Smangad HMI..

    February 12, 2010 at 10:25pm

  • Mega Agustin II Bang dombel!!tlsan abg yg ini nih yg ega maksut..he
    March 19, 2010 at 9:41pm

  • NurFahmi Budi Prasetyo ‎@Mega: iya mega, saya juga dah ngeh maksudnya kemarin. Silahkan dipublish, selama keuntungannya bagi2...hehe...becanda^^,
    March 21, 2010 at 11:56am ·

  • Mega Agustin II Hahahaha oke bang..mksi!he
    March 21, 2010 at 12:21pm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar